Email Blast – Lahir pada tahun 1978, pemasaran ledakan email sekarang telah menjadi Prima Donna untuk pebisnis. Banyak pemain bisnis pemasaran mengatakan bisnis mereka mendapat lebih banyak keuntungan dari biasanya saat menggunakan strategi email pemasaran ledakan ini.
Karena itu, banyak pengusaha membuat email blast marketing sebagai media utama pemasaran bisnis mereka. Seiring berjalannya waktu, pemasaran Email Blast menjadi dasar pebisnis untuk mencapai target baru. Selain itu, mereka juga dapat dengan mudah memberikan informasi kepada pelanggannya dengan mudah dan cepat.
Pemasaran ledakan email ini memiliki konsep yang berbeda dari strategi pemasaran media sosial. Konsep yang disebutkan di sini adalah bahwa konsumen tidak dapat mengomentari produk secara langsung ketika email pemasaran ledakan mereka.
Strategi pemasaran dengan cara ini dianggap sangat menguntungkan untuk jangka panjang oleh pebisnis. Karena, pemasaran blast email ini dianggap cara yang tepat untuk mengukur tingkat kesetiaan konsumen bisnis.
Jika konsumen memiliki Loyan dengan bisnis Anda, dapat dipastikan bahwa konsumen pasti akan menunggu berita terbaru dari bisnis Anda. Hasil penelitian yang dilakukan oleh WBR Digital membuktikan bahwa tingkat keterlibatan konsumen baru jauh lebih besar jika menggunakan strategi email pemasaran ledakan. Persentase keterlibatan pemasaran email adalah 81%, sedangkan untuk strategi lain hanya mencapai 51%.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, telah terbukti jika pemasaran ledakan email 40X jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan media sosial. Tetapi, untuk merasakan manfaat dari email pemasaran ledakan, Anda masih harus memiliki rencana atau strategi yang efektif dalam menggunakan alat.
Strategi Efektif Email Blast Marketing
- Ketahui kebiasaan konsumen
Yang paling penting untuk dilakukan pertama kali adalah mengetahui kebiasaan konsumen yang akan Anda kunjungi. Apakah konsumen suka konten sederhana atau tidak? Apakah mereka tertarik pada foto atau gambar ilustrasi?
Anda dapat menemukan semuanya jika Anda melakukan penelitian dan memperdalam terlebih dahulu. Anda perlu memahami persona pribadi atau pribadi terlebih dahulu. Setelah itu, cari tahu apa selera mereka menentukan produk yang ingin mereka beli.
Ketika Anda sudah tahu ini, Anda dapat dengan mudah menentukan jenis konten apa yang tepat untuk mereka. Sehingga pemasaran blast email yang Anda kirim dapat menarik perhatian mereka dan bahkan membeli produk yang harus Anda tawarkan.
- Tentukan target penjualan
Setelah mengetahui kebiasaan target konsumen Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan target penjualan bisnis Anda. Untuk mengetahui berapa atau bagaimana target yang ingin Anda dapatkan, maka Anda dapat melakukan penelitian lagi. Dalam penelitian ini Anda dapat mengambil nilai rata-rata semua total produk yang Anda jual. Dari sana, Anda dapat menggunakan hasil rata-rata sebagai tolok ukur untuk target penjualan bisnis Anda.
Selain itu, Anda juga perlu mengetahui data penggunaan email. Seberapa sering konsumen mengakses email pemasaran ledakan dari Anda. Anda dapat menggunakan alat email blast gratis untuk membantu Anda memantau statistik email pemasaran ledakan yang Anda kirim.
- Segmentasi Konsumen.
Setelah mengetahui siapa konsumen Anda dan menentukan target penjualan. Langkah selanjutnya adalah mengelompokkan atau mengkategorikan pelanggan Anda. Anda dapat menyediakan kategori berdasarkan usia, jenis kelamin, atau domisili mereka hidup.
Dengan melakukan segmentasi konsumen, Anda dapat dengan mudah mengirim informasi produk sesuai dengan kategorinya. Ini tentu saja dapat meningkatkan nilai penjualan dalam bisnis Anda.
- Tentukan jenis kampanye
Strategi ini sangat penting dan penting. Setelah target pasar diketahui, target penjualan telah ditentukan, menentukan jenis kampanye yang akan dilakukan adalah bagian penting dari email pemasaran ledakan ini.
Pastikan jenis kampanye yang Anda gunakan sesuai dengan segmentasi yang Anda tetapkan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan waktu pengiriman pemasaran ledakan email karena ini sangat penting.
- Evaluasi Kampanye
Setelah menyelesaikan strategi di atas, langkah terakhir adalah mengevaluasi atau menganalisis. Anda dapat mengetahui apakah email pemasaran ledakan yang Anda lakukan dengan sukses atau tidak dengan evaluasi ini. Anda dapat melihat apakah pemasaran blast email yang telah Anda lakukan telah mencapai target penjualan yang ditentukan atau tidak.
Dengan melakukan evaluasi ini, Anda dapat menentukan langkah apa yang harus Anda lakukan dalam email pemasaran ledakan berikutnya dan memperbaiki kesalahan dalam email pemasaran ledakan sebelumnya.